Sabtu, 30 November 2013

7 Tips Agar Tidak Lemas Saat Bangun Pagi


Semakin bertumbuhnya manusia, kebiasaan untuk bangun pagi pun semakin berkurang. Kenapa ya? Kalau menurut gue, hal itu disebabkan karena seiring bertambahnya umur, semakin bertambah juga beban hidup. Gue masih ingat pas gue masih SD, gue rajin banget bangun pagi. Gue gak pernah telat ke sekolah saat SD.

Tapi, setiba gue menginjak masa SMP-SMA, kebiasaan bangun pagi pun jadi semakin berkurang. Alasannya karena tugas yang diberikan saat SMP-SMA lebih banyak dan lebih sulit daripada SD. Sehingga otomatis harus begadang, dan tidur pun gak cukup. Begitu pula dengan kuliah dan bekerja, semakin banyak yang harus dikerjakan dan tidur pun semakin kurang . Terus? Solusinya apa? Nah, makanya ayo kita bahasa tipsnya bersama-sama:  

1. Tidak Begadang
Kalau anda punya waktu untuk bisa tidur lebih cepat, sebaiknya anda manfaatkanlah baik-baik. Karena gak setiap hari anda bisa tidur di bawah jam 10. Selain karena banyak tugas dan pekerjaan, pasti ada aja godaan untuk begadang, seperti contohnya nonton film sinema di TV, sepak bola, internetan, main game dll. Lebih baik hal itu dikurangi, agar supaya anda bisa tidur lebih cepat, dan bisa mendapat tidur yang cukup yaitu 6 - 8 jam.

2. Pasang Alarm dengan Musik yang Lembut
Pasanglah alarm dengan musik yang lembut dan enak didengar. Supaya saat anda bangun, anda merasa tenang dan gak pusing. Sebaliknya, kalau anda memasang musik yang keras, tentu aja saat anda bangun anda akan merasa pusing dan kesal. Hal itu akan membuat bangun pagi anda menjadi tidak baik.

3. Peregangan
Ketika anda sudah bangun, ada baiknya jangan langsung berdiri. Lakukanlah beberapa peregangan di tempat tidur, mau dengan posisi masih tidur di kasur atau duduk di kasur, itu terserah anda. Lakukan peregangan selama 1-2 menit aja. Kalau gue, biasanya untuk peregangan gue cuman ngulet kayak ulat kepanasan di kasur.

4. Minum Air Putih
Ada baiknya setelah peregangan anda minum air putih, cukup 1 gelas aja. Karena dengan meminum air putih dapat membantu organ-organ tubuh kita untuk mulai bekerja dan sekaligus meningkatkan energi (baca: 9 manfaat air putih). Jadi sebaiknya setelah bangun pagi, minumlah selalu 1 gelas air putih.

5. Mencari Udara Segar
Agar gak lemas, ada bagusnya kalau kita duduk-duduk di teras atau halaman rumah sambil menikmati udara segar. Saat sambil mencari udara segar, anda bisa melakukan sedikit senam atau olah raga. Supaya badan anda menjadi lebih segar.

6. Bergerak
Kalau sudah bangun, sebisa mungkin anda harus bergerak! Mau itu peregangan atau guling-guling di kasur dll, yang penting jangan kembali bermalas-malasan di kasur. Karena itu akan membuat anda ngantuk kembali.

7. Pikirkan Hal Positif Tentang Apa yang Akan Terjadi
Salah satu hal yang membuat anda malas untuk bangun pagi adalah memikirkan beban-beban dan hal-hal negatif yang akan anda hadapi. Nah, sekarang coba ubahlah pemikiran tersebut menjadi pemikiran yang positif, agar anda menjadi lebih semangat untuk bangun pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar