Rabu, 09 Juni 2010

9 Cara Mencegah Spam


Sebelumnya, anda pasti mengenal yang namanya SPAM itu. SPAM adalah junk email, yang biasanya dikirim ke email secara acak melalui software pengirim email otomatis. Junk mail biasanya adalah email yang isinya tentang promoso-promosi. Terkadang spam ini membuat email kita menjadi penuh dengan email yang gak kita butuhkan.

Karena itu , sekarang gue mau ngasi tips untuk mencegah spam masuk ke email kita. Berikut tipsnya untuk mencegah spam:

1. Jangan membalas/merespon email yang dikirim oleh orang yang gak kita kenal. Lebih baik di delete aja.

2. Jangan memperlihatkan email utama anda di blog/website, facebook, twitter anda secara terbuka, nanti bisa jadi sasaran spammer.

3. Jangan pernah memberikan alamat email kita kepada situs yang tidak dikenal, jadi gunakan email cadangan aja.

4. Buatlah email lebih dari satu, jadi email utama anda bisa digunakan untuk keperluan yang lebih penting seperti tugas sekolah atau pekerjaan dll. Dan email cadangan anda bisa digunakan untuk mengisi formulir-formulir online yang ada di internet atau mendaftar di mailing list.

5. Jika anda tetep ingin mencantum email anda di situs blog/web, anda bisa mengganti @ dengan [at]. Ini berguna agar terhindar dari program otomatis yang mencari alamat email milik spammer.
Contohnya seperti ni : username@email.com --> username[at]email.com
6. Jika anda menerima spam lokal (berbahasa Indonesia), segera hubungi tim khusus penanggulangan spam nasional melalui email : abuse[at]apjil.or.id

7. Anda bisa gunakan software anti-spam yang bisa anda cari dan download di internet.

8. Kalau di email anda punya fitur anti-spam, segera aktifkan untuk pencegahan. Biasanya email yang memiliki fitur ini seperti Yahoo, Gmail dan Hotmail.

9. Ketahui perkembangan spam di internet dan cara penanggulangannya di http://spamhaus.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar