Rabu, 19 Mei 2010

The Story of My Blogging Life (part 2)


Lanjutan dari "The Story of My Blogging Life (part 1)"

Tapi walaupun bertahan cukup lama (kalau gak salah hingga sekitar akhir bulan 2009) , gue merasa mulai bosan dengan blog gue. Karena postingan yang ada di blog gue tersebut 98% copas. Gue merasa gak kreatif, walaupun gue udah mendapat cukup banyak pengunjung, tapi itu bukan karena usaha gue sendiri. Blog gue bisa dikunjungi banyak orang, bukan karena hasil tulisan gue sendiri, tapi dari hasil tulisan orang lain yang gue ambil. Gue ngerasa, kalau blog gue udah gak pantas untuk dilanjutin lagi. Akhirnya gue mengambil keputusan untuk mengulang semuanya dari awal dengan ilmu dan pengalaman blogging yang gue miliki. Tapi bagi anda yang ingin baca-baca di blog gue http://batdpunk.blogspot.com, sangat dibolehkan dan semoga bermanfaat artikel-artikelnya :D

Kemudian gue buat blog baru yang bernama AAP1295 (http://aap1295.blogspot.com). Dari blog ini gue mulai menulis postingan dengan tulisan gue sendiri. Lebih enak rasanya bisa menulis postingan sendiri, karena artikel yang dipublikasikan di internet adalah artikel hasil tulisan gue sendiri bukan punya orang lain. Jadi ada sedikit rasa bangga, dan lebih bangga lagi kalau artikel gue bisa membantu anda.

Seiring berjalannya waktu, gue mulai mengenal yang namanya domain. Gue mengetahui kalau domain itu sangat berperan penting untuk blog agar cepat terpublikasi di internet. Tapi, waktu itu gue masih ragu untuk mengeluarkan biaya demi blog gue, karena gue belum memiliki tabungan sendiri. Jadinya gue searching tentang domain yang gratis, seperti salah satunya .co.cc, .tk, .co.tv, .co.nr, .uni.cc dsb. Gue pun berniat mencoba mengganti alamat blogspot gue dengan domain uni.cc. Karena selain gratis, domain tersebut gak ada batas waktu pemakaian. Dan akhirnya jadilah www.aap1295.uni.cc.

Senang rasanya bisa ganti nama domain, gue ngerasa kalau ilmu ngeblogging gue semakin luas. Tapi gak begitu lama, sekitar 3 bulanan terjadi suatu masalah pada website penyedia domain blog gue www.uni.cc . Website tersebut telah "down" atau bisa dibilang udah gak aktif lagi karena suatu masalah yang gue gak tau. Tentu aja, mau gak mau gue harus balik lagi ke domain blogspot gue. Mengganti nama domain blog itu sama aja seperti mengulang lagi dari 0! Jadinya gue membuat blog baru LAGI, sekaligus mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan-kesalahan di blog gue sebelumnya dan mencoba untuk menjadi penulis yang lebih baik dan tidak lebay hehe. Dan munculah blog baru gue bernama Agung AP's Blog (http://agungap-blog.blogspot.com). Blog inipun mulai aktif mulai Januari, 2010 hingga tahun 2012.

Setelah setahunan gue membangun blog tersebut, gue lama-lama mulai bosan dengan Blogger dan berniat untuk pindah ke platform lain, yaitu Wordpress. Awalnya masih agak ragu-ragu buat ninggalin Blogger, soalnya gue udah terbiasa ngeblog dengan Blogger, tapi Wordpress juga terlihat menarik bagi gue. Gue juga membaca banyak artikel mengenai Blogger, Wordpress dan perbandingan dari kedua platform tersebut. Ada yang mengatakan Blogger lebih bagus, ada juga yang mengatakan Wordpress. Gue jadi tambah bingung untuk mencoba membuat blog baru di Wordpress. Akhirnya gue beristirahat sejenak dari dunia blogging pada liburan kenaikan kelas Juni-Juli 2012.

Pada Juli 2012 gue bertemu seorang teman dari bokap gue yang senang ngeblogging juga. Namanya Pak Hendra, dan dia adalah salah seorang blogger Wordpress (http://www.hendra.ws) dan salah satu pengelola website Bali Orang Communication (http://baliorange.net/). Dia sempat menanyakan blog gue, dan gue dengan agak malu-malu menunjukan blog gue. Kata Pak Hendra blog gue lumayan bagus, tapi bakal lebih bagus katanya kalau dibuat di Wordpress. Langsung setelah itu, gue berdiskusi dengan Pak Hendra tentang Blogger dan Wordpress.

Gue juga sempat diajarin membuat blog di Wordpress. Menurut gue, membuat blog di Wordpress agak sedikit repot dengan Blogger. Karena harus mendownload "host file" yang kemudian harus diupload untuk membuat blog baru. Sistem pembuatannya hampir sama dengan Joomla, hanya saja lebih mudah dengan Wordpress. Dan akhirnya gue memutuskan untuk mencoba membuat blog di Wordpress, yaitu http://aap1295.wordpress.com.

Disitu, mulailah petualangan baru blogging gue di Wordpress. Disana gue belajar berbagai macam fitur-fitur baru yang gak dimiliki Blogger. Karena sibuk dengan blog baru gue, gue jadi menelantarkan blog gue yang ada di Blogger. Gue ngeblog di Wordpress selama 1 tahun. Hingga akhirnya tibalah tahun 2013...

Lanjut baca ke part 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar