Senin, 28 Januari 2013

Paduan Penulisan Karya Tulis 3 Bab


Sekarang gue udah kelas 3 SMA dan tugas akhir Bahasa Indonesia adalah membuat karya tulis. Selama SMA gue jarang banget ikut lomba karya tulis atau ilmiah, jadi gue gak jago-jago banget bikinnya. Tapi, karena memang tugas akhirnya seperti itu mau gimana lagi, ya udah gue terpaksa belajar cara buat karya tulis yang baik dan benar. Karena itu gue sempat ngesearch tentang tata cara pembuat karya tulis serta bagian-bagiannya. Jadi yang gue tahu, karya tulis itu ada 2 yaitu:
1. Karya Tulis Pola 3 Bab
2. Karya Tulis Pola 5 Bab
Tapi untuk tugas akhir gue syukurnya disuruh buat yang pola 3 bab, jadi gak ribet buatnya. Oke, gue akan ngebahas secara singkat aja tentang karya tulis pola 3 bab. Tapi gue mohon maaf sebelumnya kalau adan info yang kurang tepat atau kurang lengkap, maklum kita masih sama-sama belajar:
 

Karya Tulis 3 Bab

Bab 1: Pendahuluan
1.1 Latar Belakang: berisi tentang alasan mengapa karya tulis ini dibuat. Disini terdapat hal positif, hal negatif dan solusi dari hal negatif tersebut, dan solusi inilah yang akan dibahas di karya tulis
1.2 Rumusan Masalah: berhubungan dengan latar belakang, di rumusan masalah berisi kalimat tanya yang merupakan masalah mengapa karya tulis ini dibuat
1.3 Ruang Lingkup: sama seperti rumusan masalah, hanya saja tidak berupa kata tanya
1.4 Tujuan dan Manfaat
1.4.1 Tujuan: menjelaskan tujuan pembuatan karya tulis
1.4.2 Manfaat: menjelaskan manfaat karya tulis
1.5 Landasan Teori: berisi teori yang berhubungan dengan karya tulis yang akan dibahas

Bab 2: Isi
berisi pembahasan karya tulis secara terperinci dan berisi bab dan sub bab 
2.1 ...
2.2 ...
2.3 ...
2.3.1 ....
2.3.2 ....

Bab 3: Penutup
3.1 Kesimpulan: ringkasan dari pembahasan karya tulis
3.2 Saran: berisi saran kepada pihak yang berhubungan dengan karya tulis (ex. siswa, peneliti, pemerintah, masyarakat dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar